100 Things Redskins Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Redskins Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Sejarah Mengapa terjadi pembagian kelas priyayi/bangsawan dalam masyarakat Mataram Islam, yaitu priyayi gede dan priyayi cilik?​

Mengapa terjadi pembagian kelas priyayi/bangsawan dalam masyarakat Mataram Islam, yaitu priyayi gede dan priyayi cilik?​

Pembagian kelas priyayi/bangsawan dalam masyarakat Mataram Islam, yaitu priyayi gede dan priyayi cilik dikarenakan Masyarakat Mataram Islam masih menerapkan Budaya Jawa asli meskipun Islam sudah masuk sehingga pembagian kelas sosial masih terjadi.

PEMBAHASAN

Kedatangan Agama Islam memberikan pengaruh terhadap kebudayaan di Nusantara, misalnya pada kerajaan Mataram Islam. pengaruh Islam diantaranya yaitu

  • cara hidup
  • cara bepikir
  • kebudayaan

Meskipun Islam mempengaruhi Sistem pemerintahan pada kerajaan Mataram tetapi kerajaan Mataram masih mempertahankan budaya asli Jawa.Kebudayaan Indonesia tetap hidup di samping kebudayaan Islam. contohnya yaitu membagi masyarakat ke dalam beberapa golongan. Adapun istilah yang digunakan adalah

  • priyayi gede, artinya orang besar (kaum bangsawan), kaum priyayi yaitu golongan menengah,
  • priyayi cilik juga terdiri atas petani dan pedagang. Pelapisan masyarakat tersebut juga diikuti dengan penggunaan bahasa yang berbeda untuk tiap tingkatan.

Kerajaan Islam di Nusantara pada umumnya masih menerapkan pembagian golongan sosial, hal itu membuktikan bahwa Islam tidak menghilangkan budaya Nusantara malah memperkaya budaya Nusantara.

Pelajari lebih lanjut

pembagian masyarakat sebagai akibat pengaruh islam https://brainly.co.id/tugas/10411988

#BelajarBersamaBrainly

Konflik dalam tubuh Mataram Islam.

Pembahasan

Mataram Islam atau disebut juga dengan Kesultanan Mataram adalah kerajaan Islam yang terletak di tanah Jawa yang berdiri pada abad ketujuh belas (17). Kesultanan ini dipimpin oleh dinasti keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanahan yang mengaku diri mereka sebagai keturunan penguasa kerajaan Majapahit.

Kesultanan Mataram berawal dari suatu Kadipaten di bawah Kesultanan Pajang yang berpusat di 'Bumi Mentaok' yang diberikan untuk Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasa yang diberikannya. Raja pertama dari Mataram Islam adalah Sutawijaya (Panembahan Senapati) yang notabene merupakan putra dari Ki Ageng Pemanahan.

Penyebab terjadinya pembagian kelas menjadi dua golongan yakni priyayi atau bangsawan dan masyarakat kelas bawah dikarenakan terjadi konflik dalam tubuh Mataram Islam. Ditambah lagi adanya interupsi dan campur tangan dari pihak penjajah Belanda melalui VOC untuk mengacaukan Kesultanan Mataram. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan terjadinya polarisasi kelas pada masyarakat menjadi golongan priyayi dan golongan masyarakat kelas bawah.

Pelajari Lebih Lanjut

1. https://brainly.co.id/tugas/3620570

2. https://brainly.co.id/tugas/6034306

3. https://brainly.co.id/tugas/2324190

Detail Jawaban:

Kelas: 10

Mapel: Sejarah

Bab: 5

Kode: 10.3.5

#BelajarBersamaBrainly